"Assalamu'alaikum,Welcome to my blog dear friends"

Pages

Saturday, November 24, 2012

Resep sambal buah /sambal embam/ sambal kemang/ sambal nanas)

sambal buah/ sambal embam/ sambal kemang/sambal nanas

Di daerahku aneka sambal sangat digemari. Orang Sumatera biasanya suka pedas. Konon katanya, karena itulah perangainya jadi agak beringasan alias galak alias suka marah.....(itu kata siapa???...). 
Nah salah satu jenis sambal yang sangat digemari adalah sambal buah. Biasanya menggunakan buah embam, atau kemang atau bacang atau nanas atau apalah... yang sejenis dengan mangga tapi  memiliki rasa yang tajam sedikit asam. Yang paling sering aku buat ya sambal buah embam atau kemang atau nanas, karena bacang memiliki banyak serat kasar. Kemang memiliki tekstur yang paling lembut dan halus.


Nah, resep untuk sambal buah/ sambal embam/ sambal kemang ini adalah sebagai berikut :

Sebelum membuat sambal buah/ sambal embam/ sambal kemang /sambal nanas, kupaslah embam atau kemang atau nanas (jangan lupa buang matanya). Cacahlah daging embam / kemang / nanas tadi lalu iris, hingga didapat potongan-potongan kecil yang tidak beraturan, sisihkan.
Ups, hampir kelupaan. Siapkan juga terasi yang sudah dibakar. (Biasanya aku menggunakan terasi ABC sebanyak 2-3 bungkus, lalu dibakar atau disangrai).
Siapkan segenggam cabe rawit merah campur dengan cabe merah, atau sesukanya deh, banyak-banyak cabenya juga tidak apa-apa, asal tahan pedas aja. (Paling harus bolak-balik ke wc.). Siapkan 1-3 buah bawang merah (kalau tidak suka tidak apa-apa), tomat 1 buah atau cung (tomat sayur) beberapa buah. Rendamlah cabe, bawang dan tomat/cung dengan air panas. Diamkan beberapa menit.
Lalu haluskan cabe, bawang, dan terasi sambil tambahkan garam, gula pasir dan gula merah secukupnya (cicipi dong). Setelah halus ( boleh setengah halus kalau suka), baru tambahkan tomat/cung. Ulek sebentar. Masukkan cacahan embam/kemang/nanas tadi lalu ulek sebentar, jangan terlalu ditekan. Taraaaa....... sambal buah/ sambal embam/ sambal kemang/ sambal nanas sudah siap untuk dinikmati bersama nasi panas dan pindang patin. 
Hmmm,.....rasanya air liurku mau menetes...

Sebenarnya ada beberapa cara untuk membuat sambal buah/ sambal embam/ sambal kemang/ sambal nanas ini. Ada yang lebih suka kalau cabenya di rebus terlebih dahulu. Tapi kalau aku membuat sambal buah/ sambal embam/ sambal kemang / sambal nanas ini bahan-bahannya hanya direndam air panas seperti instruksi di atas. Rasa pedas dari sambal buah/ sambal embam/ sambal kemang/ sambal nanas itu akan jauh lebih terasa.
Sambal buah/ sambal embam/ sambal kemang/ sambal nanas ini sangat cocok untuk dinikmati bersama nasi dan pindang patin, atau bersama nasi goreng, atau nasi samin. Pokonya kalau sudah mencoba sambal buah/ sambal embam/ sambal kemang/ sambal nanas ini, insyaallah akan mencoba lagi...dan lagi...dan lagi....
Rasa asam manis pedas dari sambal buah/ sambal embam/ sambal kemang/ sambal nanas ini sungguh sangat menggugah selera. 
Bagi yang hobi pedas jangan lupa untuk mencoba resep sambal buah/ sambal embam/ sambal kemang/ sambal nanas ini ya. Di jamin kalian akan menyukai kesegaran dari sambal buah/ sambal embam/ sambal kemang/ sambal nanas ini. Koment ya....


No comments:

Post a Comment