"Assalamu'alaikum,Welcome to my blog dear friends"

Pages

Saturday, February 23, 2013

Cara Membuat Header Blog (di wordpress) atau Mengganti Header dengan Gambar Desain Sendiri

Blog-blog yang kita kunjungi, akan sangat menarik kelihatannya jika headernya di desain sendiri dengan beraneka ragam kreatifitas. Suka-suka yang punya blog-lah. Nah, kamu kepingin nggak, membuat atau mengganti header blogmu dengan hasil desainmu sendiri. Khusus untuk kali ini, "membuat atau mengganti header blogmu dengan hasil desainmu sendiri" aku peruntukkan bagi blog di wordpress. Lain kali mungkin untuk yang di blogspot, oce.


Header blog yang aku ganti adalah blogku yang pertama (ledakan.wordpress.com) dan yang terlantarkan (he2x). Aku buat lalu aku tinggalkan karena aku tidak tahu bagaimana mengelolanya. Baru-baru ini aku teringat, dan aku isi dengan salah satu hobiku yaitu membaca.Oke, sekarang kita mulai saja dengan langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk membuat atau mengganti header blogmu dengan hasil desainmu sendiri. 
1. Buatlah desain headernya di photoshop dengan ukuran 978 x 288 pixels sesuai yang ukuran header pada tema blog yang aku pilih. Boleh lebih besar dari itu, karena nanti juga akan dipotong sesuai ukuran tadi.
Desainlah header blogmu sebagus mungkin. Kalau perlu pakai animasi (tapi jangan lupa disimpan dalam bentuk gif). Sebenarnya ini tidak murni karyaku, karena gambar-gambarnya masih comot sana comot sini. Untuk bagian matanya pun editannya masih sangat jelek. Tapi lumayanlah untuk pemula sepertiku.
Buatlah file baru di photoshop ukuran 978 x 288 pixels.

Desainlah sebagus mungkin
 2. Setelah itu login ke worpress. masuk ke dasbor blogmu. Pilih Tampilan->kepala halaman.
tampilan->kepala halaman

Pada Pilih Gambar->browse->unggah. Kalau pada header nanti kau akan mencantumkan teks tajuk maka boleh memilih warna teks. Conteng kotak Show header text with...... Jangan lupa simpan perubahan.

Gambar setelah diunggah. Bisa dilihat langsung di blog.
3. Apabila hendak menambahkan teks tajuk, kita kembali ke dasbor pilih Tampilan->Tema->Customize Lalu pilih Judul situs dan slogan. Ketikkan judul situs dan slogan yang kau inginkan.Jangan lupa simpan.
tampilan->customize
ketikkan judul situs dan slogan, simpan

4. Taraaaa!!!!!! Jadinya seperti ini.
Blogku   http://ledakan.wordpress.com/
Nah, jika kamu mempunyai niat untuk membuat atau mengganti header blogmu dengan hasil desainmu sendiri, maka kuharap tutorial cara membuat atau mengganti header blogmu dengan hasil desainmu sendiri ini akan cukup berguna untukmu. Jangan lupa setelah kamu berhasil untuk membuat atau mengganti header blogmu dengan hasil desainmu sendiri tolong  komentnya ya di blog ini.
Akhirnya, selamat mempraktekkan tutorial membuat atau mengganti header blogmu dengan hasil desainmu sendiri yang sangat sederhana ini. Koment-koment dari kalian mestinya sangat berharga buatku...

9 comments:

  1. makasih banget panduan singkatnya, akan kucoba

    ReplyDelete
  2. sama-sama. selamat mencoba..........

    ReplyDelete
  3. kalau cara buat gambar header yanng berupa animasi bergerak gimana ya ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya sama saja.Tapi gambarnya dalam format bergerak misalnya gif (pakai photoshop bisa), fla (pakai adobe flash),swf (pakai swishmax). Kalau aku lebih suka pakai gif, karena bisa terbaca tanpa harus terinstal adobe flash playernya. Lihat saja tutorial cara buat animasi gif dengan photoshop cs3, tapi ukuran pixelnya sesuaikan dengan ukuran header yang hendak dipakai. Cara memasukkan gambar header animasi yang sudah jadi sama saja seperti cara di atas. Selamat mencoba.....

      Delete
  4. mkasih gan ,,, postingan yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com terimakasih skali lagi gan

    ReplyDelete
  5. https://agenobattato.wordpress.com/

    ReplyDelete
  6. Ane bingung gan cara edit header di wp, udah punya bannernya, eh pas ane upload kok kurang lebar ke kanan ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ukuran pixelnya belum sesuai dengan ukuran header yang hendak dipakai, dicek lagi aja. Atau kadang-kadang tampilan dengan theme yang beda hasilnya juga beda. Coba aja terus sampai oke.

      Delete
  7. Thanks ya infonya.. kebetulan saya juga pake wordpress hehe...

    ReplyDelete