"Assalamu'alaikum,Welcome to my blog dear friends"

Pages

Sunday, April 28, 2013

Jadwal Kereta Api dari Lahat-Palembang dan Palembang-Lahat

Jadwal Kereta Api dari Lahat-Palembang dan Palembang-Lahat
Tanggal 18 April tadi aku kembali pergi ke Palembang. Perginya naik Travel. Harga tiket untuk mobil non Ac 50 ribu dan Ac 60 ribu. Loket yang menjual tiket travel ke Palembang cukup banyak. Tiket juga bisa dipesan melalui telepon, tidak harus datang sendiri ke loket. Nanti kita dijemput.
Pulangnya aku memilih naik kereta api. Sekarang kereta apinya sudah AC semua. yang non ac sudah tidak ada lagi. Otomatis harga pun naik. Sekarang harga tiket KA 40 ribu untuk pembelian langsung di loket. Pembelian langsung di loket hanya berlaku untuk keberangkatan hari itu juga. 
Namun untuk pembelian melalui indomaret ditambah biaya  administrasi sebesar 7.500 untuk sekali transaksi. Jadi kalau mau beli beberapa tiket, mending dijadikan satu struk, selain hemat biaya administrasi kursinya juga letaknya akan berdekatan. Hal penting yang tidak boleh lupa dalam pembelian di indomaret adalah KTP. Nama pembeli dalam struk-lah yang akan tertera dalam tiket KA. Untuk anak-anak harus dengan KTP ortu/ walinya. Harga tiket untuk anak diatas 3 tahun  dan dewasa sama.

Jadwal Kereta Api dari Lahat-Palembang dan Palembang-Lahat
Ketika membeli tiket untuk pulang, aku titip pada kakakku. Kami benar-benar lupa, yang tertera di struk adalah nama kakakku karena memakai KTP dia. Alhasil saat keberangkatan aku diharuskan membeli tiket baru lagi karena tiket tersebut tidak bisa dipakai untuk hari itu. Harganya tetap 40 ribu tanpa potongan karena kami cek ke loket di stasiun pukul 09.10. Bila sebelum jam 9 tepat kami sudah melapor maka harga tiket untuk pembelian barunya bisa 30 ribu. Tiket yang sudah terlanjur dibeli tadi bisa batal tunda untuk keberangkatan diganti hari lain dan nama di tiket bisa diganti. Tapi karena aku sudah terlanjur ada di stasiun, yah beli baru deh.
Jadwal Kereta Api dari Lahat-Palembang dan Palembang-Lahat
Jadwal keberangkatan KA dari Palembang ke Lahat adalah jam 09.30 , sedangkan jadwal keberangkatan dari Lahat ke Palembang jam 12.30 . Biasanya KA dari Palembang berangkat tepat waktu tapi tidak menutup kemungkinan terlambat. Namun KA yang dari Lahat jam keberangkatannya masih bisa lebih lama dari jadwal karena kereta-nya berangkat dari Linggau. Lahat adalah salah satu stasiun persinggahan saja.
Jadwal Kereta Api dari Lahat-Palembang dan Palembang-Lahat
Harga tiket yang naik membawa perbaikan pada fasilitas dan pelayanan kereta api walaupun  sedikit. Karena memakai ac kita tidak akan tersiksa lagi dengan udara yang panas. Disiapkan kantong plastik untuk tempat sampah, nanti ada petugas yang mengambil sampah-sampah dari kantong plastik tersebut. Jadi sampah-sampah jangan lagi dibuang sembarangan ya. Para pengamen dan penjual makann masih berseliweran di tiap-tiap stasiun persinggahan. Namun itu tak apa sih, membantu untuk orang yang tidak sempat membawa bekal dalam perjalanan. Ada juga sewa bantal tipis 3/1000 . Yah setidaknya kita tidak begitu kecewa dengan harga yang naik jadi 40 ribu tapi dengan kenyamanan yang meningkat juga.

No comments:

Post a Comment