"Assalamu'alaikum,Welcome to my blog dear friends"

Pages

Sunday, March 24, 2013

Resep Nasi Gemuk Atau Nasi Uduk

Resep Nasi Gemuk. Ditempatku, nasi yang dimasak dengan santan, disebut nasi gemuk. Tetapi di tempat lain atau di Jawa sebutannya adalah nasi uduk.Siapa tahu kamu berkesempatan datang ke daerahku di Lahat, Sumatera Selatan. Nasi gemuk artinya nasi uduk. Kalau kamu punya acara masak bersama, ketika ada yang bertanya sayurannya mau dimasak apa? Digemuk'i. Nah itu artinya dimasak dengan menggunakan santan seperti sayur lodeh atau gulai.
Resep Nasi Gemuk. Nasi gemuk biasanya di makan dengan berbagai lauk. Yang sering dijadikan orang sebagai teman untuk nasi gemuk adalah sambal teri , sambal tempe, sambal kentang, sambal soun, sambal goreng telur, sambal terasi, telur rebus, tumis bihun, telur dadar yang diiris tipis, ayam (masak apa aja terserah), tempe goreng, tahu goreng, ketimun, kerupuk.Tapi sebenarnya sesuai selera masing-masing sih mau dipadan dengan apa.

Resep Nasi Gemuk. Nasi gemuk biasanya dijual oleh penjual kue keliling dalam bungkusan-bungkusan kecil untuk sarapan pagi. Atau dijual di warung-warung dengan menggunakan porsi piring. Ditempatku memang nasi gemuk lazim disantap untuk sarapan pagi atau untuk antaran (memberi/mengantari tetangga makanan sebagai tanda syukur misalnya karena ber-ultah, dll).
Resep Nasi Gemuk. Kemarin, kami masak nasi gemuk. Nah, inilah gambarnya :

Nasi gemuk dihiasi dengan sambal tempe dan kentang , juga timun



Nasi gemuk enak
http://gogobd.blogspot.com/2013/03/resep-sambal-telur-sambal-goreng-telur.htmlIni sambal telur untuk lauknya (resepnya klik disini)

ayam di masak kecap (resepnya klik disini)

sambal tempe dan kentang (resepnya klik disini)

Hiasan mawar dari kulit cung/tomat ceri

sate ayam yang dibeli adikku untuk menambah lauk he3x
Nah inilah dia,
Resep Nasi Gemuk
Bahan :
Beras 2,5 canting(kaleng bekas skm)(atau setengah kilo)
Santan 3 gelas
garam
gula sedikit (tidak pake juga tak apa-apa)
daun salam
(Kalau mau diberi serai atau lengkuas yang digepruk juga tidak apa-apa tergantung selera. )
Caranya :
Beras dicuci bersih. Santan dididihkan, diberi garam secukupnya dan gula sedikit. Setelah mendidih masukkan beras dan daun salam. Masak sampai santannya kering terserap oleh beras. Tapi jangan lupa sesekali diaduk biar tidak gosong dan berkerak.Apinya kecil saja. Kukus sampai matang. Selesai.

Selamat mencoba!!!!


No comments:

Post a Comment