"Assalamu'alaikum,Welcome to my blog dear friends"

Pages

Saturday, September 15, 2012

Resep Sambal Untuk Bandeng Presto

Bandeng presto adalah makanan yang menurutku sangat lezat. Apalagi ketika menggorengnya menggunakan telur yang dikocok dengan daun bawang iris. Hmmm, sungguh menggoda selera. Tetapi seenak-enaknya bandeng presto ini, kalau hanya dinikmati begitu saja rasanya kurang lengkap. Nah, pelengkapnya adalah sambal terasi yang super duper pedas. Bagi yang suka pedas wajib mencoba mencicipi sambal bandeng presto ini, tetapi kalau yang tidak tahan dengan pedas jangan coba-coba kalau tidak mau bercucuran air mata, he..he..he.
Ide awal resep sambal ini adalah sambal yang dipelajari oleh adikku dari mertuanya di Cirebon (karena disitu terkenal akan terasinya). Aku mencoba membuatnya dengan caraku sendiri. Nah, ketika di santap dengan bandeng presto ternyata klop, mantap, pas banget. Jadi setiap aku membuat bandeng presto, tidak lengkap kalau tidak membuat juga sambal terasi ini.

Resep Sambal Untuk Bandeng Presto

Cara membuatnya :
Siapkan segenggam cabe rawit kecil atau besar (hijau dan atau merah),2 buah bawang merah dan 2 siung bawang putih (atau sesuai selera), dan terasi bungkus ABC( atau merk lain sesukanya). Panaskan kira-kira 4-5 sendok minyak sayur. masukkan terasi dulu, kemudian cabe dan bawangnya. Tutup agar tidak terkena letupan cabe. Apinya kecil saja agar tidak gosong. Setelah cabe dan bawangnya agak layu angkat. Haluskan. Beri garam kira-kira 1/3-1/2 sdm. Beri kecap manis secukupnya. Aduk rata ( sambil dicicipi agar pas rasanya sesuai selera masing-masing). Taraa..... jadi deh sambal terasi bandeng presto yang super duper pedas. 

Apalagi kalau di makan dengan nasi panas dan rebusan sayur. Waduuh, membayangkannya saja sudah membuat air liurku rasanya mau menetes. Selamat mencoba. Kalau sudah mencoba tolong beri komentarnya ya...

No comments:

Post a Comment