"Assalamu'alaikum,Welcome to my blog dear friends"

Pages

Monday, March 18, 2013

Kupu-kupu Family Papilionidae-Swallowtail

 Beberapa hari yang lalu, ketika mengitari halaman rumah, ada kupu-kupu besar beterbangan. cantik, anggun, dan indah. Cepat-cepat kukejar untuk mendapatkan fotonya. Tetapi, karena hp ku tak bisa mengambil foto bergerak, yah cuma satu yang oke.

Setelah kuamati, sayap kupu-kupu ini memiliki ekor mirip burung layang-layang. Browsing deh di internet. Ketemu. Kupu-kupu ini termasuk famili papilionidae-swallowtail tetapi spesiesnya aku belum dapat. Setelah bertanya di komunitas google+ maka kudapatkan spesiesnya adalah Asian Swallowtail (Papilio lowii). Benar tidaknya aku kurang tahu.



Kalau sedang istirahat, biasanya kupu-kupu menegakkan sayapnya. Tapi yang ini suka membentangkan sayapnya yang indah. Biasanya, yang suka membentangkan sayap kalau sedang istirahat itu adalah ngengat. Tapi karena dia aktif di siang hari, maka jelas kupu-kupu dong. Kalau ngengat aktifnya di malam hari. Besoknya  ada kupu-kupu  lagi. Namun, sayapnya selalu bergerak, jadi gambarnya tak kudapatkan.  Di sayapnya ada warna merah-merahnya. Jenis Swallowtail juga.Sepertinya jenis Scarlett Swallowtail (Papilionidae rumanzovia). Apa iya.....?

Taksonomi dari kupu-kupu jenis Swallowtail kurang lebih seperti ini :
Kingdom : Animalia
Phylum : Arthropoda
Class    : Insecta
Order    : Lepidoptera
Family   : Papilionidae
Genus   : Papilio
Species : Papilio ------ (tergantung jenisnya)

 Tetapi aku masih penasaran, ulat seperti apa yang bisa berubah menjadi kupu-kupu jenis papilionidae-swallowtail ini ya? Ada beberapa  kupu-kupu jenis papilionidae-swallowtail yang berasal dari ulat di daun jeruk nipis. Jadi, kalau kamu mempunyai tanaman jeruk nipis di dekat rumah, ada kemungkinan suatu saat kamu akan bisa melihat kupu-kupu jenis papilionidae-swallowtail ini.

No comments:

Post a Comment