"Assalamu'alaikum,Welcome to my blog dear friends"

Pages

Sunday, March 31, 2013

Resep sambal Tempe-Kentang

Resep sambal Tempe-Kentang . Postingan kali ini aku akan membagi resep sambal tempe-kentang kesukaanku. Sebenarnya makanan ini sangat khas indonesia, karena pedas dan tentu saja berbahan utama tempe. Tempe makanan asli dari Indonesia yang sudah mendunia. Tempe adalah makanan yang terbuat dari biji kedelai (atau jenis yang lain) yang difermentasi dengan ragi. Kandungan gizi pada tempe terutama proteinnya sangat tinggi. Rasanya enak. Bisa dimasak dengan berbagai cara, digoreng, disambal, di perkedel, dibakar, di gulai, masih banyak lagi deh tergantung kreatifitas.
Resep sambal Tempe-Kentang. Resep untuk sambal tempe-kentang ini hampir sama dengan resep sambal goreng telur. Nah inilah resepnya :

sambal tempe-kentang dan nasi gemuk

Resep sambal Tempe-Kentang.

Bahan :
tempe  (potong-potong ukuran sekitar 1x 1 cm2)
kentang (potong-potong ukuran sekitar 1x 1 cm2)
cabe 20-30 buah (boleh pakai cabe giling) tambahkan cabe rawit kalau suka
tomat 2 buah iris kecil2 (tambahkan 3-5 tomat ceri/ cung bila ada)
bawang merah  2-3 buah
gula merah
gula pasir
garam
Cara membuatnya :
goreng tempe dengan minyak yang panas. Tidak usah terlalu kering agar sambalnya meresap. Goreng kentangnya juga dengan minyak panas. Haluskan cabe dan bawang merah. Panaskan minyak, masukkan cabe dan bawang yang sudah dihaluskan. Kalau sudah harum baru masukkan tomat dan cung yang sudah di iris tadi. Aduk-aduk. Tambahkan garam dan gula pasir. kemudian gula merah. Masak sampai tomatnya hancur. Jangan lupa beri air agar sambalnya jadi encer seperti saos sambal.Cicipi dulu. Aku senang rasanya agak manis jadi gulanya agak banyak. Ketika sambal sudah tidak terlalu encer dan rasanya sudah pas (sambal tomat gini aja udah enak), masukkanlah tempe dan kentang yang sudah digoreng. Kecilkan apinya. Aduk rata. Tunggu sebentar agar meresap lalu diangkat. Taraaaa, sambal tempe dan kentang sudah jadi.

Jangan lupa Resep sambal Tempe-Kentang -nya dicoba ya. rasanya lumayan enak kok.




No comments:

Post a Comment