"Assalamu'alaikum,Welcome to my blog dear friends"

Pages

Wednesday, August 1, 2012

Bandeng Presto Makanan Enak Untuk Berbuka Dan Sahur

Masih berpuasa? Alhamdulillah. Kamu suka bingung ,nggak menentukan menu untuk berbuka dan sahur? Aku dan Mama suka merasa kebingungan untuk menentukan menu apalagi yang akan dihidangkan, karena kami keluarga besar. Kemarin Mama dan aku membuat bandeng presto untuk dihidangkan saat sahur dan berbuka nanti.

Untungnya kami nggak usah capek2 menggiling bumbu karena di pasar sekarang banyak yang menjual bumbu halus. Jadi setelah bandeng prestonya jadi kami hidangkan dengan sambal terasi yang diberi kecap manis dan perasan air jeruk nipis.Hmmmm lezaaaat..... Untuk berbuka nanti bandengnya mau disiram dengan saus sambal,  hmmmm asyiiik.
Mau tau cara membuatnya?
Pertama bersihkan bandeng. Bumbu kuning halus (kunyit, jahe, serai, lengkuas) ditambah lagi kunyit halus, bawang putih halus, ketumbar bubuk, lada bubuk, garam agak banyak dan masako/royco rasa ayam atau sapi, campurkan semuanya. Lumuri ikan dengan bumbu tadi. Diamkan 1-2 jam atau langsung dimasak juga tidak apa-apa. Siapkan lapisan panci presto.Susun ikan, tuangkan air secukupnya. tidak usah terlalu banyak. Masak diatas api sedang lebih kurang 1 jam dihitung dari air mendidih. Walaupun membuatnya instan tetapi insyaallah rasanya lumayan enak kok. Oya menggorengnya pakai telur ya, jangan lupa beri sedikit garam. Tampaknya cocok untuk dimakan dengan jenis sambal apa saja.
Nb. (maaf ya gambarnya aku copy dari kabarjateng.com, thanks)

No comments:

Post a Comment