"Assalamu'alaikum,Welcome to my blog dear friends"

Pages

Thursday, August 30, 2012

Cinta for Beautiful Earth




Aku juga sama, mencintai perdamaian, dan aku juga mencintai bumi yang dititipkan Allah pada manusia untuk menjaganya. Menjaganya? Namun yang terjadi sekarang adalah pengeksploitasian, pemerasan, pemaksaan kepada bumi yang cantik ini. Lihatlah bumi yang kini tak cantik lagi. Kelembaban wajahnya sudah jauh berkurang, akibat laut Aral-laut Aral yang terkikis habis. Wajahnya berjerawat akibat gedung-gedung tinggi yang menutupi sebagian daratannya. Wajahnya pun kini berlubang-lubang karena kegiatan tambang yang tak bertanggung jawab.
Apa yang dilakukan manusia untuk menjaganya, adalah seperti memoleskan bedak tebal yang apabila dicuci akan kelihatan semua jerawat dan lubang-lubang itu.
Dalam sebuah video klip lagu tentang bumi diperlihatkan seorang anak perempuan sedang bermain bersama kupu-kupu di sebuah hutan yang indah dan asri. Kemudian karena kelelahan ia berbaring dan tertidur. Ketika dia tertidur manusia di sekitarnya sudah melakukan pengrusakan alam besar-besaran dan yang tersisa hanya satu anak pohon. Anak tadi berlomba dengan tank penghancur untuk menyelamatkan si pohon kecil. Ketika ia berhasil mengeluarkan  pohon tersebut dari dalam tanah yang dikeruknya menggunakan jari jemarinya yang mungil, tank penghancur itu juga berhasil mencapai dirinya. Lalu adegannya menghilang. Aku serasa mau menangis melihatnya. Di akhir film diperlihatkan anak perempuan tersebut sedang memeluk bumi dengan penuh rasa sayang di alamnya yang sekarang.
Sangat tepat dalam menggambarkan bumi dan pengrusakannya. Juga sebagai pesan untuk menyebarkan rasa cinta perdamaian dan cinta bumi. Selamatkan bumi sebelum kita tidak bisa lagi berbuat apa-apa untuk menyelamatkannya. Semuanya adalah tanggung jawab kita sebagai manusia.Bila kita tidak menjaga hutan-hutan kita, laut-laut, dan sungai-sungai kita maka akan berdampak pada kerusakan manusia itu sendiri.
Bumi kita sedang sakit, maka mari kita obati bumi ini. Benar bumi kita memang sedang sakit parah. Jiwa orang-orangnya juga. Kenapa mesti ada pengrusakan dan pembunuhan di muka bumi ini. Kenapa orang-orang gemar berperang dan bermusuhan. Tidakkah mereka mendengar bumi menangis ketika hewan dan tumbuhan di hancurkan tanpa tanggung jawab. Tidakkah mereka mendengar bumi menangisi tumpahan darah manusia di tanahnya. Pernahkah kita pikirkan hal-hal yang kita lakukan akan merusak keseimbangan bumi.
Bumi seperti apa yang akan kita wariskan dan dunia seperti apa yang akan kita tinggalkan untuk para generasi penerus. Saat ini mereka hanya bisa mengamati dan meniru apa yang kita lakukan. Jika jelek contoh yang kita tunjukkan sekarang maka akan rusaklah generasi mendatang. Bagaimana mungkin mereka akan mencintai bumi jika kita selalu membuang sampah di kali-kali dan di sungai-sungai. Bagaimana bisa mereka mencintai sesama jika kita selalu memusuhi tetangga kita.
Kemarin adalah hari anak nasional. Seharusnya kita mulai memikirkan untuk memberikan contoh terbaik bagi calon penerus bumi. Jadikan anak-anak sebagai motivasi untuk penyelamatan bumi dan perdamaian ke seluruh dunia. Setidaknya kita harus  memulai dengan sesuatu dari diri kita. Apakah kamu juga pernah memikirkannya?

No comments:

Post a Comment